Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

phslb
ktt
ePetani
Workshop Kalender Tanam (KATAM) MT II Di Kabupaten Lombok Tengah PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh A Suriadi dan Yanti Triguna   
Jumat, 03 Mei 2013 15:24

Pada sektor pertanian, dampak perubahan iklim sudah semakin terasa terutama pada sub-sektor tanaman pangan seperti ancaman banjir dan kekeringan, serangan Hama Penyakit Tanaman, Penurunan rendemen dan kualitas produksi. Upaya Strategis untuk antisipasi dampak perubahan iklim agar tidak berpengaruh terhadap produksi pangan nasional, Kementan telah menyusun Kalender Tanam (KATAM)  terpadu yang memberikan informasi teknologi dan pengembangan pertanian yang toleran terhadap perubahan iklm antara lain melalui penyesuainan waktu dan pola tanam, penggunanan varietas yang adaptif, tahan terhadap organisme pengganggu tanaman, rekomendasi pemupukan, dan kebutuhan sarana produksi sampai di tingkat kecamatan. Agar KATAM dapat diadopsi maka perlu dilakukan sosialisasi sampai tingkat kecamatan.

Rabu, (01/5/2013), bertempat di Aula Badan ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) Kabupaten Lombok Tengah  telah dilaksanakan Workhsop/Sosialisasi KATAM MT II/MK I oleh BPTP NTB. Acara di Hadiri 40 peserta yang terdiri dari Kepala Bidang Lingkup BKP3 Kabupaten Lombok Tengah, Kepala UPT Badan Tingkat Kecamatan dan Koordinator Penyuluh BPP se Kabupaten Lombok Tengah,  beserta staf Bidang Pertanian BKP3 Kabupaten Lombok Tengah.

Acara dibuka oleh Kepala BPTP NTB Dr. Ir. Dwi Praptomo S., MS dan sekaligus menyerahkan Kalender Tanam Dalam bentuk Hardcopi secara simbolis.

Guna memperoleh kalender Tanam Terpadu yang lebih baik, Tim Gugus Tugas Katam sekaligus melakukan Pemutakhiran Data.  Data dan Informasi meliputi : Data Luas Baku Sawah, Informasi Bencana OPT/Banjir/Kekeringan, Informasi Varietas Unggul Baru dan Varietas Lokal serta kebutuhan Benih Padi/Palawija, Data Realisasi Tanam MT I/MH, Sasaran Tanam MT II/MK I dan MT III/MK II dan Data Alsintan berupa Traktor dan Threser yang juga sangat berpengaruh terhadap produksi Tanaman Pangan Nasional.  (Sumber : A Suriadi dan Yanti Triguna)

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com