Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

banner2
ktt
banner1
baner4
Tekno Inovatif
phslb
ePetani
katam

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Forum Litbang/ Katalog Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1350
mod_vvisit_counterKemarin1900
mod_vvisit_counterMinggu Ini8240
mod_vvisit_counterMinggu lalu17157
mod_vvisit_counterBulan Ini36737
mod_vvisit_counterBulan lalu56289
mod_vvisit_counterTotal Kunjungan6568612
We have: 12 guests online
Today: 17 Apr, 2014

Download

Pelatihan Modeling di BPTP NTB PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Yuli Yarwati dan Farida Sukmawati M   
Kamis, 07 Maret 2013 13:43

Kegiatan Pelatihan Modeling Pengembangan Kedelai dan Padi yang dilaksanakan di  BPTP NTB selama 3 hari pada (4-6/03/2013) berjalan dengan sangat baik. Kegiatan ini diikuti kurang lebih 30 fungsional peneliti dan penyuluh, yang menjadi nara sumbernya yaitu Ir. I Ketut Tastra, MS dari Balai Penelitian Kacang dan Aneka Umbi (Balitkabi) Malang. Kegiatan ini dibuka pada hari Senin (4/03/2013) oleh Kepala Balai  Pengkajian Tehnologi Pertanian, Ir. Dwi Praptomo S, MS, dalam arahanya beliau menyampaikan agar para peneliti dan penyuluh BPTP NTB dapat mempelajari konsep dan implementasi sysem modeling, termasuk aplikasi software nya. Pelatihan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas tenaga fungsional BPTP NTB sebagaimana arahan Kepala Badan Litbang pertanian bahwa BPTP harus mampu menerapkan system modeling untuk menghasilkan rekomendasi kebijakan di masing-masing daerah.

Pada hari pertama materi yang disampaikan yaitu Pengantar Aplikasi Analisis Sistem dan Modeling dibidang Pertanian, pengenalan Powersim dan data-data apa saja yang bisa di input kedalam program tersebut. Melihat bagan begitu rumit sepertinya susah sekali untuk dibuat, sebagian peserta pada hari pertama merasa ingin “OUT” karena dirasa materinya membosankan walaupun begitu peserta sangat aktif bertanya, karena masih belum paham dan terlebih-lebih bingung. Pada hari kedua dan ketiga materi yang disampaikan yaitu Modeling Pengembangan Kedelai, sebagai contoh : Simulasi Swasembada Kedelai Indonesia 2014, dan data-data kedelai untuk NTB dari tahun 2008 – 2011 merupakan bahan  pembelajaran  bagaimana menggunakan program Powersim guna melihat Simulasi Swasembada Kedelai di NTB 2014. Setelah dipraktekkan secara langsung bagaimana membuat bagan, tabel, grafik dan lainnya, peserta mulai merasa “IN”. Powersim itu sendiri adalah salah satu dari banyak program computer yang dibuat untuk mengolah data dengan lebih cepat dan akurat sesuai hasil yang diinginkan. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para peneliti dan penyuluh di BPTP NTB mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat untuk kegiatan-kegiatan pengkajian yang ada di BPTP NTB dan Semoga semuanya tetap IN. Pelatihan modeling ini sangat dirasakan manfaatnya oleh para fungsional peneliti dan penyuluh, dan dalam 3 hari ini dirasaingkan masih kurang cukup untuk memperdalam modeling, mereka sangat antusias mengikuti pelatihan modeling ini. Pada penutupan akhir pelatihan modeling, banyak kesan dan pesan yang disampaikan para fungsional peneliti dan dan penyuluh. Pelatihan ini ditutup oleh Kepala BPTP NTB, dengan harapan agar dapat ditindaklanjuti. Diharapkan masing-masing peneliti, penyuluh, atau kelji dapat mengimplementasikan hasil pelatihan ini dengan menyusun berbagai model pembangunan pertanian sesuai dengan kebutuhan daerah. (Sumber : Yuli Yarwati dan Farida Sukmawati M)

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com