Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

Tekno Inovatif
ktt
ePetani
phslb

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Kunjungan Siswa SD Bertaraf Internasional Mataram Ke BPTP NTB PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Eni Fidiyawati dan Prisdiminggo   
Jumat, 28 September 2012 12:47

Sehubungan dengan adanya program pembelajaran yang diadakan di luar kelas maka, sebanyak 65 siswa siswi SD Bertaraf Internasional Mataram, melaksanakan pembelajaran, jumlah peserta yang terdiri dari 42 siswa kelas II, dan 23 orang siswa kelas VI, melakukan kunjungan di BPTP NTB selama dua hari pada tanggal 26-27 September 2012. Kunjungan tersebut di terima oleh KTU BPTP NTB Ir. Sofyan Souri dan didampingi oleh Kasi KSPP Ir. Prisdiminggo. Tujuan dari kunjungan tersebut untuk menerapkan praktek dari teori mata pelajaran yang diterima di sekolah.

Siswa kelas II yang didampingi oleh 5 orang guru pembimbing, diperkenalkan mengenai proses pertumbuhan dan perkembangan  tanaman serta hewan. Para siswa tersebut diajak berkeliling di Kebun Bibit Induk (KBI) Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL), di lokasi tersebut mereka diajarkan mengenal jenis tanaman, ciri morfologi dari berbagai tanaman serta praktek langsung pembibitan tanaman di portray. Kemudian dilanjutkan dengan berkeliling di areal tanaman pangan KP Narmada, mereka sangat antusias melihat tanaman sorghum, dan dilanjutkan di areal  peternakan, di areal tersebut mereka melihat demplot aneka ternak (sapi, kambing, itik, ayam) serta berpartisipasi untuk memberi makan ternak.  Para siswa melanjutkan mengunjungi Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) BPTP NTB. Di UPBS para siswa kelas II diperkenalkan proses pertumbuhan tanaman padi mulai dari benih sampaii menjadi gabah.

Tujuan siswa kelas VI pada hari kamis, adalah untuk melihat perkembangan tanaman secara vegetatif. Kunjungan ini didampingi oleh 5  orang guru dan sebagai narasumber dari BPTP NTB adalah Ir. Muji Rahayu, M.Si dan M Yunus, SP. Di Kebun Bibit Induk M-KRPL mereka praktek mencangkok sawo, stek dan menyembung tanaman mangga, serta perbanyakan strawberry melalui sulur, dan hasil teknologi kultur jaringan yang berupa pisang kepok tanjung (tanpa jantung).

Antusiasme para siswa terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan pada narasumber, serta keinginan mereka untuk praktek langsung cara-cara perbanyakan tanaman secara vegetatif seperti yang diajarkan dan dijelaskan oleh narasumber. Kemudian mereka melanjutkan mengunjungi UPBS dan mereka belajar mengetahui proses perbenihan padi dari benih sampai menjadi gabah tapi dlam pengertian yang lebih mendalam daripada adik-adik mereka di kelas II. Rangakain kunjungan ini ditutup dengan pemberian cinderamata kepada BPTP NTB, dengan adanya kunjungan ini diharapkan mereka lebih mengenal tentang tanaman dan hewan yang ada di sekitar dan menumbuhkan minat mereka terhadap perkembangan pertanian di Indonesia. (Sumber : Eni Fidiyawati dan Prisdiminggo)

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com