Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

baner4
banner1
katam
Tekno Inovatif
phslb
banner2
ktt
ePetani

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Forum Litbang/ Katalog Online

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1072
mod_vvisit_counterKemarin2758
mod_vvisit_counterMinggu Ini7180
mod_vvisit_counterMinggu lalu11616
mod_vvisit_counterBulan Ini47293
mod_vvisit_counterBulan lalu56289
mod_vvisit_counterTotal Kunjungan6579168
We have: 38 guests online
Today: 24 Apr, 2014

Download

Pertemuan Forum Perbenihan Tanaman Pangan di Nusa Tenggara Barat PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sabar Untung   
Jumat, 04 Mei 2012 00:00

Peran perbenihan sejak Program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) tahun 2007 hingga sekarang terus tingkatkan. Untuk mensukseskan program tersebut perlu kesepahaman antar institusi terkait, karena dengan komunikasi melalui koordinasi semua permasalahan atau kendala yang dihadapi dapat teratasi, demikian kata sambutan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi NTB. Ir. H. Abdul Maad, MM pada acara pembukaan Forum Perbenihan Tanaman Pangan di NTB yang di selenggarakan oleh BPSB Prov NTB tanggal 26-28 April 2012 di Hotel Lombok Plaza Mataram. Hadir dalam acara tersebut petugas Pengawas Benih Tanaman (PBT) se NTB, Dinas Pertanian Provinsi, Kabupaten, Perwakilan Asosiasi Perbenihan Indonesai (Asbenindo) setiap Kabupaten, PT Pertani, PT SHS, BPTP  dan lembaga perbenihan lainnya.

Lebih lanjut Kadis memaparkan, bahwa kinerja NTB sebagai Provinsi penyangga pangan nasional, akan sangat mempengaruhi kondisi pangan Nasional, untuk itu mari kita berikan pelayanan yang terbaik agar program ini berjalan dengan sukses, dan mampu menjadi tumpuan keberhasilan pembangunan sektor pertanian kita. Program Pemerintah Pusat di NTB cukup besar dari 400.000 Ha potensi sawah kita, 51 % areal tanaman padi telah di berikan bantuan benih bersertifikat. Untuk itu peningkatan produktifitas harus bisa kita capai. Selain menggunakan benih berkualitas, mengadopsi varietas unggul baru juga opsi yang harus kita lakukan. Jangan ragu  dengan varietas baru, karena varietas yang di lepas pasti sudah di uji dan memiliki keunggulan tersendiri.

Disisi Lain menurut Hamzah, STP Kepala BPSB TPH Prov. NTB, dalam menyikapi program P2BN, fungsi pelayanan perlu di tingkatkan. Sebagai pengawas benih kita harus mampu memberikan peran yang optimal, fungsi pengawasan akan berdampak pada kualitas produksi, sehingga kesempatan ini harus kita tunjukkan pada masyarakat, bahwa PBT sangat berkontribusi pada peningkatan produksi dan produktifitas hasil pertanian.

Materi Pertemuan Forum Perbenihan yang dilaksanakan selama 3 hari dikuti dengan antusias oleh peserta. Selain menghadirkan  pemakalah lingkup Dinas Pertanian  pada acara tersebut juga diisi oleh Pemakalah Pusat. adapun materi yang disajikan dalam pertemuan tersebut adalah; Iventarisasi penyebaran Varietas di NTB, Sistem pengujian Mutu benih, Peran dan Kewenangan PBT, Evaluasi dan Iventarisasi penangkaran selama 5 tahun terakhir, Sosialisasi Permentan No.61 tahun 2011, Fokus Kegiatan Perbenihan dan beberapa materi lainnya.

Hasil lain dalam forum perbenihan tersebut adalah terbentuknya kepengurusan Asbenindo  Provinsi Nusa Tenggara Barat dari pengurus lama H. Ilham SE ke pengurus baru Drs. H. Amrulloh. Semoga dengan  pengurus baru akan ada perubahan-perubahan baru yang mampu memberikan dampak nyata pada kondisi perbenihan tanaman pangan di NTB.  (Sumber : Sabar Untung).

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com