Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

Tekno Inovatif
ktt
ePetani
phslb

Kalender Kegiatan

NOEVENTS

Pelaksanaan Penjelasan Teknis Demonstrasi Inovasi Bersama FMA di Kabupaten (di Pulau Lombok dan Sumbawa) PDF Cetak E-mail
Berita
Oleh Sudarto dan A. Muzani   
Rabu, 12 Mei 2010 12:17

Tim BPTP NTB sebelum memberikan penjelasan teknis demonstrasi inovasi ke lapangan (perwakilan FMA masing-masing kabupaten) terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan pengelola FEATI kabupaten. Pengelola FEATI kabupaten memberi beberapa alternatif calon lokasi yang dapat dilakukan kegiatan demonstrasi bersama FMA. Berdasarkan hasil verifikasi tim dari BPTP NTB pada bulan Maret dan April 2010 terhadap UP-FMA yang direkomendasikan oleh kabupaten  pada lima kabupaten lokasi FEATI se NTB, maka berdasarkan kriteria yang ada antara lain : lokasi strategis, peluang untuk diadopsi lebih besar/besar, partisipasi anggota cukup tinggi, peluang untuk perbaikan produktivitas cukup tinggi maka ditetapkan lokasi UP-FMA sebagai lokasi demonstrasi inovasi yaitu kabupaten Lombok Barat di desa Dasan Tereng kecamatan Narmada dengan kegiatan penggemukan sapi, Lombok Tengah di desa Jago kecamatan Praya dengan kegiatan pembesaran ayam buras, Sumbawa di desa Semamung kecamatan Moyo Hulu dengan kegiatan penggemukan sapi, Dompu di desa Adu kecamatan Hu’u dengan kegiatan pembesaran ternak kambing dan pengolahan gadung dan kabupaten Bima di desa Nae kecamatan Sape dengan kegiatan sistem usahatani berbasis bawang merah. BPTP dalam program FEATI diharuskan/diwajibkan memberikan dukungan teknologi bersama FMA, bentuk dukungan dapat berupa penyediaan media informasi seperti leaflet, brossur, liptan dan lain-lain, melalui pertemuan-pertemuan/workshop, melalui demonstrasi/uji coba (FSA/ARF) di setiap kabupaten.

1.    Kabupaten Lombok Barat

      Pelaksanaan penjelasan teknis demonstrasi inovasi bersama FMA di Desa Dasan Tereng, kecamatan Narmada-Lombok Barat dihadiri oleh peserta sebanyak 40 orang yang terdiri dari UP-FMA desa Dasan Tereng 25 orang ditambah dengan perwakilan masing-masing FMA disekitarnya masing-masing 3 orang, koordinator BPP kecaamatan Narmada, PPL desa Dasan Tereng, penyuluh swadaya, dan Kadus. Pelatihan teknis bersama FMA di desa Dasan Tereng kecamatan Narmada kabupaten Lombok Barat dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 22 April 2010 bertempat di sekretariat FMA dalam rangka persiapan kegiatan demonstrasi inovasi penggemukan sapi yang akan dilaksanakan melalui kegiatan dukungan teknologi program FEATI BPTP NTB. Sebelum penjelasan  teknis terlebih dahulu dilakukan identifikasi tentang eksisting teknologi beternak sapi yang dilakukan oleh petani yang meliputi : jenis pakan yang diberikan, jumlah dan cara pemberian pakan, bentuk dan ukuran kandang, pemilihan induk, pencegahan penyakit dan penanganan kesehatan, penafsiran berat badan sapi, jangka waktu pemeliharaan, harga jual dan sistem penjualan. Dari informasi tersebut maka BPTP NTB dalam mendukung teknologi yang dibutuhkan petani akan mengintroduksikan teknologi sistem pemeliharaan sapi,  sehingga perbaikan teknologi yang diterapkan dapat berjalan efektif dan efisien. Selain itu pada lahan-lahan kosong juga akan dimanfaatkan untuk pengembangan hijauan makanan ternak (HMT) untuk menambah sumber pakan terutama jenis leguminase.

2.    Kabuapten Lombok Tengah

Pelaksanaan penjelasan teknis demonstrasi inovasi bersama FMA di desa Jago kecamatan Praya dihadiri oleh : pengurus dan anggota FMA, 3 orang perwakilan dari masing-masing FMA kecamatan Praya, Koordinator BPP, PPL, penyuluh swadaya, dan Kades. Acara diawali dengan pembukaan oleh ketua FMA dan arahan oleh koordinator BPP yang intinya menyambut baik dan terima kasih atas kepercayaan BPTP NTB dalam mendukung teknologi bersama FMA.  Sebelum materi penjelasan teknis dilaksanakan untuk memperoleh gambaran tentang usaha tani ayam buras terlebih dahulu dilakukan identifikasi cara beternak ayam buras yang dilakukan petani di desa Jago. Dari informasi yang diperoleh nantinya akan diintroduksikan teknologi pemeliharaan ayam buras sehingga petani dapat melaksanakan kegiatan ini secara efisien dan efektif, diperoleh produktivitas tinggi serta peningkatan pendapatan.

3.  Kabupaten Sumbawa

Penjelasan demonstrasi inovasi pendampingan ARF bersama UP-FMA dilaksanakan di desa Semamung, kecamatan Moyo Hulu. Jumlah peserta FMA yang hadir 50 orang terdiri dari Kepala kantor   wilayah kecamatan Moyo Hulu (Pak Camat), Kepala Desa Semamung, Koordinator BPP, penyuluh desa semamung, penyuluh swadaya, Pengurus FMA dan anggotanya. Acara dibuka oleh Bapak Camat dan beliau mengucapkan banyak tarima kasih kepada BPTP NTB yang akan melaksanakan kegiatan demonstrasi inovasi di desa Semamung. Di desa Semamung sangat potensi ternak dan pertanian, kebanyakan peternak maupun petaninya belum banyak tahu tentang teknologi baru, jadi kegiatan ini sangat membantu  para petani dalam meningkatkan produktivitasnya. Pasar sapi sangat bagus dan peternak tidak perlu repot seandainya akan menjual ternaknya, karena pedagang begitu mendengar petani akan menjual ternaknya langsung didatangi. Dengan kegiatan yang akan dilakukan oleh BPTP NTB diharapkan peternak akan bertambah pengetahuan dan ketrampilannya sehingga dapat meningkatkan tarap hidup. Materi yang diberikan oleh BPTP adalah teknologi penggemukan sapi. Peternak diberi penjelasan mulai dari bagaimana cara memilih bakalan yang baik, cara dan jenis pakan yang bermutu, pencegahan penyakit, pemberian tambahan suplemen (UMB, probitik dan lain-lain) serta sistem pemeliharaan sesuai dengan teknologi yang telah direkomendasikan.

4. Kabupaten Dompu

Dikabupaten Dompu kegiatan demonstrasi inovasi direncanakan didesa Adu kecamatan Hu’u, dengan kegiatan pembesaran/penggemukan kambing. Acara penjelasan teknis diikuti oleh seluruh anggota FMA desa Adu serta 3 orang perwakilan FMA masing-masing desa diwilayah kecamatan Hu’u, koordinator BPP kecamatan Hu’u, penyuluh desa Adu, dan penyuluh swadaya. Materi kegiatan demonstrasi inovasi pembesaran ternak kambing yang disampaikan meliputi cara memilih bakalan yang bagus, cara pemberian pakan, jumlah pakan yang diberikan, formulasi pakan, kesehatan dan peluang pasar. FMA dan anggotanya sangat yakin dengan penjelasan tersebut dapat meningkatkan perkembangan ternak kambing dan dapat meningkatkan nilai tambah. Karena selama ini FMA belum mengetahui banyak tentang teknologi pembesaran kambing. Selain materi pembesaran kambing, FMA juga ingin mengetahui teknologi pengolahan gadung, di desa Adu tanaman gadung sangat banyak dan produksi umbi gadung belum banyak dimanfaatkan. Pada kesempatan ini langsung dilakukan identifikasi tentang potensi tanaman gadung dan pemanfaatannya. Untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan FMA tentang gadung akan dilakukan pelatihan tentang pengolahan gadung.

5. Kabupaten Bima

Penjelasan teknis demonstrasi inovasi di kabupaten Bima dilaksanakan di desa Nae kecamatan Sape yang dihadiri oleh UP-FMA desa Nae dan 3 orang perwakilan UP-FMA dari desa lain wilayah kecamata Sape, koordinator BPP, Kepala desa, PPL, dan penyuluh swadaya. Acara dibuka oleh Kepala Desa Nae dan masyarakat Nae berharap sekali sentuhan teknologi pengolahan bawang goreng yang direkomendasikan oleh BPTP NTB. Dengan potensi bawang merah yang berada di desa Nae mudah-mudahan adanya introduksi teknologi dapat meningkatkan tarap hidup petani sehingga ibu-ibu/wanita tani ada kegiatan sampingan yaitu mengolah bawang goreng. Sebelum materi pokok terlebih dahulu dilakukan identifikasi tentang bahan baku yang menyangkut ketersediaan, fluktuasi harga, jarak lokasi bahan baku dengan pembuatan, model penjualan, sistem penjualan, tempo penjualan, bagaiman alur pembuatannya, keberlanjutan usaha produksi, promosi dan menghitung analisa kelayakan usaha tani. Rencana kegiatan demonstrasi inovasi tentang pengolahan bawang goreng mendapat respon positif oleh wanita tani dan meraka akan mempelajari secara serius usaha tersebut karena potensi bawang merah didesa Nae dan selama ini hanya dijual dalam bentuk umbi.   (Sudarto dan A. Muzani).

 

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com